Website interaktif Hy MAI dikembangkan melalui Pendanaan Penelitian Fundamental KEMDIKTISAINTEK tahun 2025 dengan judul penelitian "Pengebangan Website Interaktif Hy MAI Berbasis Pendekatan Etno-STEM untuk Optimalisasi Penalaran Matematik Siswa SMA"
Hy MAI adalah website ini dikembangkan sebagai media pembelajaran matematika interaktif berbasis Etno-STEM yang mengintegrasikan:
๐งฎ Matematika
๐พ Nilai-nilai budaya lokal (Etnomatematika)
๐ฌ Pendekatan STEM (Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika)
๐ป Pemanfaatan teknologi digital interaktif
Hy MAI hadir untuk menjawab kebutuhan pembelajaran matematika yang:
๐ Relevan dengan kehidupan nyata siswa, khususnya dalam konteks budaya lokal.
๐ฑ Mendorong siswa berpikir kritis, kreatif, dan reflektif.
๐ค Membangun koneksi antara matematika dan bidang ilmu lainnya.
๐ฒ Menggunakan media digital untuk mendukung pembelajaran hybrid/mandiri.
Menyediakan materi dan latihan matematika yang kontekstual melalui eksplorasi budaya Indonesia.
Membantu siswa memahami konsep abstrak matematika dengan pendekatan nyata dan dekat dengan kehidupan mereka.
Memberdayakan guru dan orang tua dalam mendampingi pembelajaran berbasis Etno-STEM.
Menumbuhkan kebanggaan terhadap budaya lokal, sekaligus memupuk literasi sains dan teknologi.
Menyediakan sarana pembelajaran interaktif dan fleksibel, baik digunakan di kelas maupun di rumah.
"Peserta didik mampu memodelkan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan melingkar secara kontekstual dengan menggunakan representasi simbolik dan visual."
Setelah mengikuti pembelajaran melalui Hy MAI, peserta didik diharapkan dapat:
โ
Mengidentifikasi unsur-unsur lingkaran (jari-jari, diameter, busur, tali busur, apotema, juring, tembereng).
โ
Menjelaskan sifat-sifat sudut pusat dan sudut keliling yang dibentuk oleh tali busur dan busur.
โ
Menentukan panjang busur dan luas juring berdasarkan hubungan sudut pusat dan jari-jari.
โ
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan lingkaran menggunakan pendekatan budaya lokal (misalnya pola motif batik, desain gerabah, arsitektur tradisional).
โ
Mengembangkan model matematika dari permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan lingkaran.
โ
Menggunakan teknologi digital (seperti simulasi interaktif atau visualisasi grafik) untuk memperkuat pemahaman konsep lingkaran.
Silahkan manfaatkan Virtual Assistent disamping menggali mengenai Hy MAI, Etno-STEM, dan Matematika.
Hak cipta ยฉ Hy MAI 2025ย